Langsung ke konten utama

SEJARAH dBASE


NAMA            : IMAM WAHYU B
NPM               : 54413321
KELAS           : 1IA01


SEJARAH DBASE

dBase II adalah banyak digunakan sistem manajemen database pertama (DBMS) untuk mikrokomputer. Ini pada awalnya diterbitkan oleh Ashton-Tate untuk CP / M, dan kemudian porting ke Apple II dan IBM PC di DOS. Pada platform PC pada khususnya menjadi salah satu software yang terlaris untuk beberapa tahun, mendorong Ashton-Tate untuk menjadi salah satu dari "tiga besar" penerbit perangkat lunak di pasar perangkat lunak bisnis awal. Sebuah upgrade besar dirilis sebagai dBASE III, dan porting ke berbagai platform yang lebih luas, menambah UNIX, dan VMS.

Dimulai pada pertengahan tahun 1980-an perusahaan lainnya yang dihasilkan dialek mereka sendiri atau variasi pada produk dan bahasa. Ini termasuk FoxPro dan Clipper / Harbour, bersama-sama secara informal disebut sebagai xbase. Banyak dari ini secara teknis lebih kuat dari dBase, tetapi tidak bisa membuat penyok utama di pasar sampai dBase IV diperkenalkan dengan banyak masalah. Hal ini bertepatan dengan saklar industri luas untuk SQL dan pasar client-server, dan pengenalan yang cepat dari Microsoft Windows di pasar bisnis. Kombinasi faktor-faktor ini menyebabkan penghematan cepat di dunia xbase, dan menghilangnya Ashton-Tate dengan penjualan mereka untuk Borland pada tahun 1991. Hak atas lini produk dBase dijual pada tahun 1999 untuk dBase Inc baru terbentuk Pada tahun 2004, dBase Inc mengubah namanya menjadi Intelijen dataBased, Inc

mendasari file dBase's format, file dbf., secara luas digunakan dalam aplikasi lain yang membutuhkan format sederhana untuk menyimpan data terstruktur.

Sejarah terkini

dBase telah berkembang menjadi bahasa modern berorientasi objek yang berjalan pada 32 bit Windows. Hal ini dapat digunakan untuk membangun berbagai aplikasi termasuk aplikasi web host pada server Windows, aplikasi Windows klien kaya, dan aplikasi middleware. dBase dapat mengakses mesin database yang paling modern melalui driver ODBC.

dBase fitur IDE dengan sebuah Window Command dan Navigator, hanya di compiler waktu, preprocessor, seorang juru mesin virtual, sebuah linker untuk membuat aplikasi dBase. exe's, mesin runtime tersedia bebas, dan banyak dua arah GUI alat desain termasuk Form Designer, Designer Laporan, Desainer Menu, Desainer Label, Desainer Datamodule, Desainer Query SQL, dan Designer Tabel. Dua arah Tools mengacu pada kemampuan untuk beralih antara menggunakan piranti GUI desain dan Source Code Editor. alat-alat lainnya termasuk Source Code Editor, seorang Manajer Proyek yang menyederhanakan membangun dan menyebarkan aplikasi dBase, dan Debugger terintegrasi. dBase fitur exception handling terstruktur dan memiliki banyak built-in kelas yang bisa subclassed melalui single inheritance. Ada kelas visual, kelas data, dan banyak kelas pendukung lainnya. Visual kelas termasuk Formulir, SubForm, Notebook, Container, Entryfield, radiobutton, SpinBox, ComboBox, ListBox, tombol tekan, Gambar, Kotak, scrollbar, ActiveX, Laporan, ReportViewer, Teks, TextLabel dan banyak lainnya. Database kelas meliputi Sesi, Database, Query, Rowset, Field, StoredProc dan kelas Datamodule. kelas lainnya termasuk Berkas, String, Matematika, Array, Tanggal, Eksepsi, Obyek dan lain-lain. objek dBase dapat secara dinamis subclassed dengan menambahkan sifat baru kepada mereka pada saat runtime.

Versi saat ini dari dBase, dBase Plus, tidak kompatibel dengan versi DOS sebelumnya, termasuk dBase terbaru V.
Asal-usul

Pengembang asli dari dBase adalah C. Wayne Ratliff. [1] Pada tahun 1978, sambil bekerja sebagai kontraktor di Jet Propulsion Laboratory, Ratliff menulis sebuah program database yang ia sebut "Vulcan" (setelah balapan Mr Spock dan homeworld di Star Trek) untuk membantu dia memenangkan kolam sepak bola kantor. Ditulis untuk kit-nya dibangun IMSAI 8080 mikro berjalan PTDOS, ia berdasarkan program pada JPLDIS (Jet Propulsion Laboratory Tampilan Sistem Informasi), sebuah mainframe (UNIVAC 1108) basis data produk yang dikembangkan oleh JPL's Jeb panjang dan Jack Hatfield. Lama selesai JPLDIS setelah kepergian Hatfield dari JPL.

Menurut Ratliff, bahasa dalam JPLDIS adalah bahasa, sederhana perintah-driven ditujukan untuk penggunaan interaktif pada terminal pencetakan. Ada beberapa bukti bahwa JPLDIS dipengaruhi oleh produk database Tymshare Corporation mainframe disebut Ambil.

Pada awal 1980, George Tate, dari Ashton-Tate, mengadakan perjanjian pemasaran dengan Ratliff. Vulcan diubah namanya dBase II, dan software dengan cepat menjadi sukses besar.

bahasa pemrograman dBase

Setelah menulis Vulcan untuk IMSAI 8080 dan kemudian porting ke CP / M dan MS-DOS (seperti dBase), Ratliff ditambahkan perintah untuk mengakomodasi layar antarmuka video serta perintah untuk meningkatkan pengawasan aliran (seperti DO WHILE / EndDo) dan logika bersyarat (seperti JIKA / EndIf).

Untuk data penanganan, dBase memberikan perintah prosedural rinci dan fungsi untuk membuka dan catatan traverse dalam file data (misalnya, PENGGUNAAN, SKIP, GO TOP, GO BOTTOM, dan GO recno), memanipulasi nilai bidang (REPLACE dan STORE), dan memanipulasi string teks (misalnya, STR () dan substr ()), nomor, dan tanggal. Kemampuan untuk secara bersamaan membuka dan memanipulasi beberapa file yang berisi data yang terkait dipimpin Ashton-Tate untuk label dBase sebuah "relational database" walaupun tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Dr Edgar F. Codd 'model relasional, bisa lebih tepat disebut aplikasi perkembangan bahasa dan database sistem manajemen yang terintegrasi navigasi yang dipengaruhi oleh konsep-konsep relasional.

dBase menggunakan arsitektur interpreter runtime, yang memungkinkan pengguna untuk mengeksekusi perintah dengan mengetik mereka dalam baris perintah "dot prompt." Setelah mengetik perintah atau fungsi dan menekan tombol kembali, penafsir akan segera melaksanakan atau mengevaluasinya. Demikian pula, program skrip (teks file dengan ekstensi PRG) berlari di juru (dengan perintah DO), di mana setiap perintah dan variabel dievaluasi pada saat runtime. Program ini dBase dibuat cepat dan mudah untuk menulis dan menguji karena pemrogram tidak harus terlebih dahulu menyusun dan menghubungkan mereka sebelum menjalankan mereka. (Untuk bahasa lain, langkah-langkah yang membosankan pada hari-hari megahertz CPU tunggal dan double-digit.) Penerjemah juga ditangani secara otomatis dan dinamis semua manajemen memori (yaitu, tidak ada memori preallocating dan tidak ada notasi heksadesimal), yang lebih dari yang lain Fitur ini memungkinkan bagi orang bisnis tanpa pengalaman pemrograman untuk mengembangkan aplikasi.

Sebaliknya, kemudahan dan kesederhanaan dBase disajikan tantangan sebagai penggunanya menjadi lebih ahli dan sebagai programmer profesional tertarik untuk itu. Lebih aplikasi kompleks dan lebih kritis menuntut fitur pemrograman profesional untuk keandalan yang lebih besar dan kinerja, serta produktifitas pengembang yang lebih besar.

Seiring waktu, pesaing Ashton-Tate memperkenalkan produk kloning apa yang disebut dan compiler yang diperkenalkan lebih kuat pemrograman fitur seperti fungsi user-defined (UDFS) untuk melengkapi built-in set fungsi, variabel scoped untuk menulis rutinitas dan fungsi yang kurang mungkin akan terpengaruh oleh proses eksternal, array untuk menangani data yang kompleks, fitur kemasan untuk menyampaikan aplikasi sebagai file yang dapat dieksekusi tanpa interpreter runtime eksternal, sintaks object-oriented, dan antarmuka untuk mengakses data dalam sistem manajemen basis data jauh. Ashton-Tate juga menerapkan banyak dari fitur ini dengan berbagai tingkat keberhasilan. Ashton-Tate dan pesaingnya juga mulai menggabungkan SQL, ANSI / ISO bahasa standar untuk membuat, mengubah, dan mengambil data yang disimpan dalam sistem manajemen database relasional.

Pada akhir 1980-an, kelompok pengembang berusaha untuk membuat standar bahasa dBase (IEEE 1192). Saat itulah bahasa mulai yang disebut sebagai "xbase" untuk membedakannya dari produk Ashton-Tate. Ratusan buku telah ditulis pada dBase dan pemrograman xbase.

Pada tahun 1988 Ashton-Tate mengajukan gugatan terhadap Fox Software dan Santa Cruz Operation (SCO) untuk menyalin "struktur dan urutan" dBase dalam FoxBase (SCO XENIX dan dipasarkan versi UNIX produk Fox). Pada bulan Desember 1990, hakim Distrik AS Terry Hatter, Jr menolak gugatan Ashton-Tate dan valid hak cipta Ashton-Tate untuk tidak mengungkapkan dBase yang telah berbasis, sebagian, pada JPLDIS domain publik. Pada bulan Oktober 1991, sementara kasus masih dalam proses kasasi, Borland International mengakuisisi Ashton-Tate, dan sebagai salah satu ketentuan merger adalah Departemen Kehakiman AS diperlukan Borland untuk mengakhiri gugatan terhadap Fox dan mengizinkan perusahaan lain untuk menggunakan bahasa dBase tanpa ancaman tindakan hukum.

Hari ini, implementasi dari bahasa dBase telah diperluas untuk mencakup banyak fitur yang ditargetkan untuk aplikasi bisnis, termasuk pemrograman berorientasi objek, manipulasi data terpencil dan didistribusikan melalui SQL, fungsi internet, dan interaksi dengan perangkat modern.

contoh Programming

The following example opens an employee table ("empl"), gives every manager who supervises 1 or more employees a 10-percent raise, and then prints the names and salaries.
USE empl
REPLACE ALL salary WITH salary * 1.1 FOR supervises > 0
LIST ALL fname, lname, salary TO PRINT
* (comment: reserved words shown in CAPITALS for illustration purposes)


Perhatikan bagaimana seseorang tidak harus tetap menyebutkan nama tabel. Tabel diasumsikan ("saat ini") tetap sama sampai diperintahkan sebaliknya. Hal ini berbeda dengan SQL yang hampir selalu membutuhkan tabel eksplisit. Karena asal-usulnya sebagai bahasa interaktif diinterpretasikan, dBase menggunakan berbagai teknik kontekstual untuk mengurangi jumlah mengetik dibutuhkan. Tambahan ini difasilitasi, pengembangan interaktif tapi juga membuat pemrograman modular skala yang lebih besar sulit. Sebuah prinsip pemrograman modular adalah bahwa pelaksanaan yang benar dari modul program tidak boleh terpengaruh oleh faktor eksternal seperti keadaan variabel memori atau tabel yang sedang dimanipulasi dalam modul program lainnya. DBase karena tidak dirancang dengan hal ini, pengembang harus berhati-hati tentang port (pinjaman) kode pemrograman yang mengasumsikan konteks tertentu dan itu akan membuat tulisan kode modular skala yang lebih besar sulit. referensi Work-area khusus masih mungkin menggunakan notasi panah ("pelanggan B->") sehingga berbagai tabel bisa dimanipulasi pada waktu yang sama. Selain itu, jika pengembang memiliki keinginan untuk nama tabel mereka tepat, mereka jelas bisa lihat sejumlah besar tabel terbuka pada waktu yang sama dengan notasi seperti ("gaji karyawan->") dan ("tanggal_mulai liburan->" ). Atau, perintah alias bisa ditambahkan ke pembukaan awal pernyataan tabel yang dibuat referensi bidang meja ambigu dan sederhana. Sebagai contoh. satu dapat membuka tabel dan menetapkan sebuah alias untuk itu dengan cara ini, "menggunakan alias EMP Karyawan", dan selanjutnya, lihat variabel tabel sebagai "Nama Karyawan->".

Fitur lain yang penting adalah penggunaan kembali klausul yang sama untuk perintah yang berbeda. Misalnya, klausa UNTUK membatasi lingkup perintah yang diberikan. (Hal ini agak sebanding dengan klausa WHERE SQL's). perintah yang berbeda-beda seperti DAFTAR, DELETE, REPLACE, BROWSE, dll semua bisa menerima klausul UNTUK untuk membatasi (filter) ruang lingkup kegiatan mereka. Ini menyederhanakan pembelajaran bahasa.

dBase juga salah satu bahasa yang berorientasi bisnis pertama untuk menerapkan evaluasi string.

i = 2
myMacro = "i + 10"
i = &myMacro
* comment: i now has the value 12

Di sini "&" menceritakan interpreter untuk mengevaluasi string disimpan di "myMacro" seakan-akan kode pemrograman. Ini adalah contoh dari fitur yang membuat pemrograman dBase fleksibel dan dinamis, kadang-kadang disebut "kemampuan meta" dalam profesi. Hal ini dapat memungkinkan ekspresi pemrograman untuk ditempatkan di dalam tabel, agak mengingatkan rumus dalam perangkat lunak spreadsheet.

Namun, juga bisa menjadi masalah untuk pre-kompilasi dan untuk membuat kode pemrograman aman dari hacking. Tapi, dBase cenderung digunakan untuk aplikasi internal kustom untuk perusahaan kecil dan menengah di mana kurangnya perlindungan terhadap menyalin, dibandingkan dengan perangkat lunak disusun, sering kurang masalah.
Interaktivitas

Selain dot IV-prompt, dBase III, III dan dBase datang dikemas dengan aplikasi MEMBANTU untuk memanipulasi data dan query, serta aplikasi APPSGEN yang memungkinkan pengguna untuk menghasilkan aplikasi tanpa harus menulis kode seperti 4GL. The dBASE IV APPSGEN alat didasarkan sebagian besar pada bagian-bagian dari suatu produk / CP awal M bernama Pribadi Pearl.

Meskipun bahasa telah jatuh dari nikmat sebagai bahasa bisnis utama, beberapa menemukan dBase suatu data alat interaktif yang sangat baik ad-hoc manipulasi. Sedangkan SQL mengambil data set dari database relasional (RDBMS), dengan satu dBase dapat lebih mudah memanipulasi, format, menganalisa dan melakukan perhitungan pada catatan individu, string, angka, dan seterusnya dalam langkah-demi-langkah imperatif (prosedural) cara bukannya mencoba untuk mengetahui bagaimana menggunakan operasi deklaratif SQL's.

granularity Its operasi umumnya lebih kecil dari SQL, sehingga lebih mudah untuk membagi query dan pengolahan tabel menjadi mudah dimengerti dan mudah-ke bagian-test. Sebagai contoh, orang bisa memasukkan operasi BROWSE antara penyaringan dan langkah agregasi untuk mempelajari tabel menengah atau melihat (diterapkan filter) sebelum langkah agregasi diterapkan.

Sebagai platform pengembangan aplikasi, dBase mengisi kesenjangan antara bahasa tingkat rendah seperti C, C, dan Jawa dan 4GLs eksklusif tingkat tinggi (bahasa generasi keempat) dan murni alat-alat visual, relatif memberikan kemudahan penggunaan bagi orang-orang bisnis dengan kurang pemrograman formal keterampilan dan produktivitas yang tinggi untuk pengembang profesional bersedia trade off kontrol tingkat rendah.

dBase tetap alat pengajaran yang populer bahkan setelah penjualan melambat karena perintah berorientasi teks lebih mudah untuk hadir dalam materi pelatihan dicetak dari pesaing mouse-oriented. (Perintah Mouse berorientasi ditambahkan ke produk dari waktu ke waktu, tapi bahasa perintah tetap merupakan standar de facto populer sementara perintah mousing cenderung vendor tertentu.)

Format berkas

Sebuah warisan utama dari dBase adalah dbf nya. File format, yang telah diadopsi dalam sejumlah aplikasi lain. Sebagai contoh, format shapefile yang dikembangkan oleh ESRI untuk data spasial melalui sistem PC ArcInfo informasi geografis, menggunakan file dbf untuk menyimpan data fitur atribut..

sistem database dBase adalah salah satu yang pertama untuk memberikan bagian header untuk menggambarkan struktur data dalam file. Ini berarti bahwa program tidak lagi diperlukan pengetahuan terlebih dahulu dari struktur data, melainkan bisa meminta file data bagaimana itu terstruktur. Perhatikan bahwa ada beberapa variasi pada struktur file. Dbf, dan semua produk dBase-terkait dan. Dbf struktur file belum tentu kompatibel.

Sebuah filetype kedua adalah DBT file. Format untuk bidang memo. Sementara bidang karakter yang terbatas pada 254 karakter masing-masing, bidang memo adalah pointer 10-byte ke file DBT. Yang dapat mencakup bidang teks yang jauh lebih besar. dBase sangat terbatas dalam kemampuannya untuk memproses bidang memo, tapi beberapa bahasa xbase lain seperti Clipper memperlakukan bidang memo sebagai string seperti ladang karakter untuk semua tujuan kecuali penyimpanan permanen.

dBase menggunakan file ndx untuk indeks tunggal,. dan. MDX (multi-indeks) file untuk menyimpan antara 1 dan 48 indeks. Beberapa bahasa xbase termasuk kompatibilitas dengan file ndx sementara yang lain menggunakan format file yang berbeda seperti.. NTX digunakan oleh Clipper dan .idx / .cdx digunakan oleh FoxPro atau unggulan. Kemudian iterasi dari Clipper termasuk driver untuk ndx,.. MDX,. Idx dan. CDX indeks

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Danshi Koukousei no Nichijou Live Action

Type: Live Action Durasi : 1 hr . 25 min Genre : Teen,  Comedy, School, Based on a Comic Rating : 95 ( http://asianwiki.com/Daily_Lives_of_High_School_Boys   ) Subtitle : Indonesia Credits : ExaFansubs Sumber : animekompi akhirnya keluar juga ni live actionnya :'D haha anime nya aja udah kocak apalagi live actionnya, gak sabar pengen liat tadakuni, hidenori dan yoshitake beraksi wkwkw. oh iya ini dia pemeran karakternya :  gimana ? penasaran sama liveactionnya? xD haha langsung aja deh download : 720 : Firedrive 480 : Acefile  ||  Firedrive  

Pengantar Komputasi Modern

Grid Computing Technology  Grid Istilah distribe mengacu pada infrastruktur komputasi usikan, mampu menyediakan sumber daya berdasarkan kebutuhan masing-masing klien. teknologi grid sebagian besar dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi organisasi virtual, yang harus menghadapi tantangan dengan mengoptimalkan proses dan sumber daya dan dengan berbagi jaringan dan kolaborasi mereka. teknologi komputasi Grid adalah seperangkat teknik dan metode yang diterapkan untuk penggunaan terkoordinasi dari beberapa server. Server ini khusus dan bekerja sebagai satu sistem, logika terintegrasi. grid telah dikembangkan sebagai teknologi komputasi yang menghubungkan mesin dan sumber daya geografis untuk menciptakan superkomputer virtual. Sebuah sistem virtual seperti ini dianggap seperti itu memiliki semua sumber daya komputasi, bahkan jika mereka didistribusikan dan memiliki kapasitas komputasi untuk melaksanakan tugas-tugas yang mesin yang berbeda tidak dapat menjalankan secara indivi

Super Beaver - Rashisa Lyrics + Translation (Opening Barakamon)

Opening Barakamon   SUPER BEAVER - RASHISA OST. BARAKAMON jibunrashisa tte nanda hito to wa chigau de sa wo tsukero kombini no zasshi koonaa hyoushi ni futo shite kaite atta jibunrashisa tte nanda kodomo no koro wa ki ni mo sezu ki ni iranakereba okotte suki na mono wo suki da to itte bokura wa kawatteku mamoritai mono ga kawatteyuku rikai sarenai takaramono kara rikai sareru tame no tatemae e otona ni naru hodo koukai suru ikimono ni naru demo ne soredemo ne ukeru mono ga arunda yo dakara boku wa boku rashiku soshite kimi wa kimi rashikutte hajime kara sagasu you na mono de wa naindato omounda boku wa kimi ja nai shi kimi mo boku ja nai kara surechigau te wo tsunagu soko ni wa ai datte umareru sou yuu mon sa jibunrashisa tte nandarou kaerarenai taisetsu ga aru kara kawariyuku seikatsu ga tadashii SUPER BEAVER - RASHISA (INDO) apa itu menjadi dirimu sendiri? membedakan dirimu sendiri dari orang lain