Langsung ke konten utama

Tugas Softskill 3 HCI dan Tas Analys

Human Computer Interaction (HCI)

          Adalah sekumpulan proses, dialog, dan kegiatan dimana dengan melaluinya penggunanya memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer. Saat kita menggunakan komputer, kita sedang berinteraksi dengan komputer. Di waktu ini kita sedang memberikan perintah kepada komputer, dan sistem komputer menerima perintah kemudian ditanggapinya hingga pekerjaan kita selesai. Definisi HCI, Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena disekitar manusia itu sendiri.

          Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan untuk desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena di sekitar manusia itu sendiri. Bukan untuk mempelajari komputer ataupun manusia, tetapi untuk menjadi jembatan yang menghubungkan manusia dengan komputer.

Dengan demikian terlihat jelas bahwa fokus perhatian HCI tidak hanya pada keindahan tampilannya saja atau hanya tertuju pada tampilan antarmukanya saja, tetapi juga memperhatikan aspek-aspek pamakai, implementasi sistem rancangannya dan fenomena lingkungannya, dan lainnya. Misalnya, rancangan sistem itu harus memperhatikan kenyamanan pemakai, kemudahan dalam pemakaian, mudah untuk dipelajari dsb.
Tujuan dari HCI adalah untuk menghasilkan sistem yang bermanfaat dan aman, artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan, utilitas, ketergunaan, efektifitas dan efisiensinya . Sistem yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga. Sedangkan utilitas mengacu kepada fungsionalitas sistem atau sistem tersebut dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya. Ketergunaan  disini dimaksudkan bahwa sistem yang dibuat tersebut mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu ataupun kelompok.


Task Analysis

             Task Analysis adalah metode empiris untuk menghasilkan model yang lengkap dan jelas dari suatu task, dan bagaimana cara manusia mengerjakan task-task tersebut serta dapat mempertanggung jawabkan atas pekerjaanya, dan dapat menjelaskan apa saja yang dilakukan serta peralatan-peralatan yang digunakan. Task Analysis bukan hanya pada sistem komputer saja dan interasiknya, dengan mempelajari proses yang berhubungan dengan objek pada lingkungan dimana manusia akan menggunakannya dan membutuhkanya itu dapat dikatakan kita sedang menganalisis tugas. Task Analysis memungkinkan kita membuat suatu struktur data mengenai tugas. Proses analisis data tidak semata-mata mengumpulkan, menganalisis, mengorganisasikan data dan mempresentasikan hasil, namun terkadang kita harus kembali melihat sumber data tersebut dengan pertanyaan dan padangan baru. Pada umumnya, keterbatasan waktu dan biaya menyebabkan seorang analis berusaha mengumpulkan data yang relevan secepat dan seekonomis mungkin. Bahkan jika dimungkinkan, seorang analis harus dapat memaksimumkan penggunaan sumber informasi murah yang sudah ada sebelum melakukan pengumpulan data yang memakan biaya


GOMS

GOMS memungkinkan karakterisasi PLTMH tentang kinerja manusia yang akan diterapkan untuk tugas analisis. Menurut Card et al., Tujuan dari analisis tugas adalah untuk memetakan kendala yang dikenakan pada perilaku dengan sifat dan fitur dari lingkungan tugas, dan untuk menentukan apa yang pengguna tahu tentang tugas, dan ketika mereka tahu itu. GOMS model tugas dalam hal satu set Goals, satu set Operator, satu set Metode untuk mencapai tujuan, dan satu set
Aturan seleksi untuk memilih di antara metode bersaing untuk tujuan. Sebuah "set tujuan" didefinisikan sebagai struktur simbolik yang mendefinisikan keadaan yang harus dicapai dan menentukan satu set metode yang mungkin untuk mencapai itu. Operator didefinisikan sebagai persepsi SD, motorik atau tindakan kognitif yang eksekusi diperlukan untuk mengubah aspek kondisi mental pengguna atau mempengaruhi lingkungan tugas. Sebuah metode didefinisikan sebagai deskripsi prosedur untuk mencapai tujuan, dan merupakan salah satu cara yang pengguna menyimpan pengetahuan tugas mereka. Metode yang prosedur bahwa pengguna telah memiliki dan tidak diciptakan selama kinerja tugas belajar. Aturan seleksi dalam analisis tugas GOMS menentukan bagaimana pengguna memilih metode tertentu, dan dapat digunakan untuk memprediksi metode mana pengguna akan memilih atas dasar pengetahuan lingkungan tugas. Selanjutnya, analisis GOMS dapat digunakan untuk memprediksi kualitas sistem atau prototipe yang ada (Preece et al., 1994).

CTT(Cognitive Complexity Theory)
- CCT (Kieras dan Polson) dimulai dengan premis dasar dekomposisi goal dari GOMS dan menyempurnakan model untuk menghasilkan kekuatan yang lebih terprediksi.
- Deskripsi goal user berdasarkan hirarki goal mirip-GOMS, tetapi diekspresikan terutama menggunakan production rules yang merupakan urutan rules:
If kondisi then aksi
Dimana kondisi adalah pernyataan tentang isi dari memori kerja. Aksi dapat terdiri satu atau lebih aksi elementary.
- Rule dalam CCT dapat digunakan untuk menerangkan fenomena error, tetapi tidak dapat memprediksi
- Semakin banyak production rules dalam CCT semakin sulit suatu interface untuk dipelajari
Problem CCT:
- Semakin detail deskripsinya, size deskripsi dapat menjadi sangat besar
- Pemilihan notasi yang digunakan
Contoh: pada deskripsi sebelumnya (NOTE executing insert space) hanya digunakan untuk membuat rule INSERT-SPACE-DONE di fire pada waktu yang tepat. Di sini tidak jelas sama sekali signifikansi kognitifnya
- CCT adalah engineering tool dengan pengukuran singkat learnability dan difficulty digabung dengan dekripsi detail dari user behaviour.
Task-Action Grammar (TAG)
TAG lebih menekankan kepada konsistensi yang dibuat lebih jelas dengan parameter aturan tata bahasa sedangkan non-terminal dimodifikasi agar dapat menampung fitur-fitur semantik tambahan. Selain konsistensi, TAG juga ditujukan untuk menyimpan pengetahuan dengan menambahkan bentuk khusus known-item yang digunakan untuk menginformasikan ke user bahwa input telah diketahui secara umum dan tidak perlu dipelajari

(GTA)

GTA (Groupware Task Analysis) merupakan sebuah metode yang digunakan dalam merancang sebuah sistem. Dalam GTA, task model untuk situasi yang kompleks yang terdiri daritiga aspek yang berbeda yaitu:agent ,work , dan situation.Masing-masing menggambarkan task dari sudut pandang yangberbeda, dan masing-masing berhubungan satu sama lain. Halini memungkinkan desainer untuk melihat dan merancangdari berbagai sudut, dan memungkinkan tools desain untuk menjaga konsistensi dan kelengkapan.Sistem yang telah dibuat diaplikasikan dalam bentuk webdan aplikasi mobile. Namun pada penulisan ini yang dibahashanya pada analisis sistem. Sistem dimulai dari login usersampai dengan logout user. Pembuatan sistem pada penulisanini menggunakan aspek-aspek yang ada pada GTA denganbantuan tools Euterpe. Tampilan hierarki sistem dapat menun- jukkan kerja sistem secara keseluruhan.Hasil evaluasi user interface menunjukkan bahwa rancangansistem yang dibuat telah memenuhi sebagian besar kebutuhan pengguna dan mudah untuk digunakan.

Hierarchical Task Analysis (HTA)

 Hierarchical Task Analysis (HTA) adalah metode yang ekonomis dalam pengumpulan dan pengorganisasian informasi karena analis hanya perlu mengembangkan bagian dari hirarki yang dibutuhkan dan memungkinkan analis memfokuskan diri pada aspek penting task dalam konteks keseluruhan task.

Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Danshi Koukousei no Nichijou Live Action

Type: Live Action Durasi : 1 hr . 25 min Genre : Teen,  Comedy, School, Based on a Comic Rating : 95 ( http://asianwiki.com/Daily_Lives_of_High_School_Boys   ) Subtitle : Indonesia Credits : ExaFansubs Sumber : animekompi akhirnya keluar juga ni live actionnya :'D haha anime nya aja udah kocak apalagi live actionnya, gak sabar pengen liat tadakuni, hidenori dan yoshitake beraksi wkwkw. oh iya ini dia pemeran karakternya :  gimana ? penasaran sama liveactionnya? xD haha langsung aja deh download : 720 : Firedrive 480 : Acefile  ||  Firedrive  

Pengantar Komputasi Modern

Grid Computing Technology  Grid Istilah distribe mengacu pada infrastruktur komputasi usikan, mampu menyediakan sumber daya berdasarkan kebutuhan masing-masing klien. teknologi grid sebagian besar dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi organisasi virtual, yang harus menghadapi tantangan dengan mengoptimalkan proses dan sumber daya dan dengan berbagi jaringan dan kolaborasi mereka. teknologi komputasi Grid adalah seperangkat teknik dan metode yang diterapkan untuk penggunaan terkoordinasi dari beberapa server. Server ini khusus dan bekerja sebagai satu sistem, logika terintegrasi. grid telah dikembangkan sebagai teknologi komputasi yang menghubungkan mesin dan sumber daya geografis untuk menciptakan superkomputer virtual. Sebuah sistem virtual seperti ini dianggap seperti itu memiliki semua sumber daya komputasi, bahkan jika mereka didistribusikan dan memiliki kapasitas komputasi untuk melaksanakan tugas-tugas yang mesin yang berbeda tidak dapat menjalankan secara indivi

Super Beaver - Rashisa Lyrics + Translation (Opening Barakamon)

Opening Barakamon   SUPER BEAVER - RASHISA OST. BARAKAMON jibunrashisa tte nanda hito to wa chigau de sa wo tsukero kombini no zasshi koonaa hyoushi ni futo shite kaite atta jibunrashisa tte nanda kodomo no koro wa ki ni mo sezu ki ni iranakereba okotte suki na mono wo suki da to itte bokura wa kawatteku mamoritai mono ga kawatteyuku rikai sarenai takaramono kara rikai sareru tame no tatemae e otona ni naru hodo koukai suru ikimono ni naru demo ne soredemo ne ukeru mono ga arunda yo dakara boku wa boku rashiku soshite kimi wa kimi rashikutte hajime kara sagasu you na mono de wa naindato omounda boku wa kimi ja nai shi kimi mo boku ja nai kara surechigau te wo tsunagu soko ni wa ai datte umareru sou yuu mon sa jibunrashisa tte nandarou kaerarenai taisetsu ga aru kara kawariyuku seikatsu ga tadashii SUPER BEAVER - RASHISA (INDO) apa itu menjadi dirimu sendiri? membedakan dirimu sendiri dari orang lain